Sunday 31 May 2015

Cerita Sedikit: Antara Marina, Dikta dan MBTI | Our Life Journey

Apa hubungan antara Marina, Dikta dan MBTI? Siapa Marina? Siapa Dikta? Apa itu MBTI?

Jadi gini ceritanya, beberapa minggu lalu saya baca twitnya Dikta (you know lah siapa dia, if you don't know go check this link Pradikta Wicaksono) yang lagi bahas tentang event Marina.

Marina adalah merk salah satu produk kecantikan di Indonesia. Beberapa produknya saya pakai sehari-hari.

Ceritanya Marina ngajak cewek-cewek yang berminat untuk menuangkan karakter dan kepribadian mereka dalam sebuah karya tulis, dan hadiahnya adalah booth camp untuk pengembangan diri dan ada meet and greet sama Dikta. Sontak rasanya pingin ikut, tapi saya kan sadar diri ya.. Berapa umur saya. 29 tahun, bentar lagi kepala 3 saya. Apa bisa? 😅

Daripada menduga-duga saya buka link yang disertakan di twit Dikta tadi, dan ternyata batas maksimal adalah 35 tahun. Thank God masih bisa partisipasi.

Jujur aja memang menggiurkan hadiahnya buat manusia sejenis saya yang entah kenapa pingin banget ikut kelas pengembangan diri hanya saja kepentok biaya. Secara semua juga tau berapa banyak yang harus dikeluarkan untuk ikut kelas kepribadian misalnya.

Buat sahabat readers yang punya minat sama dan pingin gabung ikutan event ini, ini linknya ya. Marina FUNtastic You

To be honest dari dulu everything about traits, human's characters, kejiwaan, pengembangan diri, watak dan things like them bener-bener boost my mood untuk mencari tahu lebih banyak, mungkin sejak SD dulu. Sejak saya bener-bener ga ngerti apa itu karakter dkk sampai sekarang. This event bikin saya mencari tahu lagi bagaimana tipe kepribadian saya.

Saya mulai mencari-cari di internet tentang jenis watak, karakter dan tipe kepribadian manusia. Saya menemukan artikel tentang 4 tipe kepribadian manusia: sanguin, koleris, melankolis dan plegmatis.

Tanpa ikut tes pun saya yakin tipe saya pasti melankolis, secara saya perfeksionis dan suka sekali dengan segala kegiatan yang teratur. Tapi buat yang mau nyoba tes kepribadian ini linknya Quibblo.

Dan benar saja, tes selesai dan hasil tes bilang melankolis merupakan karakter dominan saya. Entahlah karakter bayangan saya apa sebab saya dapat angka yang sama antara koleris dan plegmatis. Atau mungkin gabungan keduanya. 😁

Ga puas cuma dengan satu tes kepribadian saya cari-cari tes kepribadian lain, dan saya menemukan tes MBTI (Myers Briggs Type Indicator).

Apa itu MBTI? Ini merupakan tes kepribadian yang membagi karakter menjadi 16 tipe. Mungkin ini lebih masuk di kepala saya, sebab saya yakin tipe manusia pasti lebih dari 4, ini jauh lebih detail dari 4 kepribadian tadi. Rasanya belum seminggu yang lalu saya ikut tes itu, baru sekitar 4 sampai 5 hari yang lalu.

Tesnya lumayan panjang, this time I got no clue about which type I will get karena memang baru sekali ini mencoba tes kepribadian MBTI. Tapi yang jelas ga akan jauh beda bahwa perfectionist dan teratur jadi salah dua dari karakter saya.

Tesnya terdiri dari 60 soal dimana kita memilih salah satu dari dua karakter yang sesuai dengan pribadi kita. Ga sulit ngejawabnya sebab saya tahu persis yang mana yang sesuai dengan diri saya. Bagi yang juga ingin ikut tes MBTI bisa langsung ke link ini Tes Kepribadian MBTI, atau kalau mau yang berbahasa Inggris ini linknya Free Personality Test.

Akhirnya saya menemukan bahwa tipe karakter saya adalah INFJ. Apa itu INFJ? Kita lanjut di postingan lain.

Jadi itu tadi adalah hubungan Marina, Dikta dan MBTI. Sekarang clear kan?

Note buat kalian, Gaes.. Sampe sekarang saya masih belum kirim tulisan saya karena saya masih dalam proses research. 😎 Semoga sebelum closing date sudah bisa kirim, aamiin..

Anyway, thanks for stopping by and reading.. Ketemu di postingan tentang saya yang INFJ ya.. �😄😄😄😄😄😁

No comments:

Post a Comment