Monday 27 April 2020

Tips Tetap Waras Saat #DiRumahAja | Our Life Journey

Bagi orang-orang yang terbiasa menghabiskan waktunya di dalam rumah dan tak suka bepergian mungkin anjuran untuk #dirumahaja dan menghindari kerumunan adalah hal yang tak sulit. Namun, tidak dengan mereka yang terbiasa berada di luar rumah, hal ini akan sangat sulit dan membosankan.

Sejujurnya, saya saja, yang lebih suka berada di rumah jika tidak sedang berjualan, merasakan kebosanan yang amat sangat di tiga hari pertama #dirumahaja. Rasanya seperti sampah. Keadaan pasca banyak kegiatan di luar ke kondisi berdiam diri di rumah, ditambah rumah yang hanya sepetak, membuat pikiran semakin kacau.

Ruang depan ... kamar ... dapur, ruang depan ... kamar ... dapur, begitu terus selama di rumah, karena memang hanya tiga ruangan itu yang tersedia, tanpa halaman depan dan belakang.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk menjaga kewarasan? Berikut tips yang bisa saya bagikan untuk kalian, agar tetap waras selama di rumah.

1. Berhenti Sejenak Mendengar Berita

Berita yang akhir-akhir ini berkembang, baik di media elektronik maupun online seringnya membuat pikiran yang sudah suntuk karena #dirumahaja, menjadi semakin kusut tak karuan. Terlebih berita-berita yang berisi segala hal negatif yang membuat kepanikan dan rasa takut muncul, pun acara talkshow yang lebih sering berisi perdebatan dan pro-kontra.

Mendengarkan hal-hal seperti itu, hanya akan menambah beban pikiran kita. Berhenti sejenak melakukannya dan mulai fokus mengerjakan hal lain yang lebih positif, bisa membantu kita menjaga pikiran agar tetap waras.

2. Mulai Mencintai Diri Sendiri

Kesempatan yang sulit di dapat dengan berada di rumah saja ini, juga bisa kita manfaatkan dengan mulai mencintai diri sendiri. Meluangkan waktu sejenak untuk melakukan perawatan diri sendiri di rumah, seperti creambath, mewarnai rambut, facial treatment, menicure-pedicure dan perawatan tubuh lain, bisa mengembalikan semangat dalam diri untuk menjalani hari.

Selain melakukan perawatan tubuh, kita juga bisa mulai bereksperimen dengan alat-alat makeup yang kita miliki. Mencoba mendandani diri dengan riasan yang tak biasa seperti mugshot, vampire look dan lainnya bisa sangat menghibur.

Selain yang berhubungan dengan fisik, spiritualitas juga perlu di pertebal agar tetap waras. Kalian bisa mulai menonton kajian-kajian agama online, dari ustadz-ustadzah tersohor negeri ini. Selain itu kalian juga bisa mulai menambah ibadah-ibadah sunnah, dan meniatkan diri untuk mulai membaca atau bahkan mengkhatamkan Qur'an selama #dirumahaja.

Oh, ya ... jika ada anggota keluarga lain, ada baiknya mengajak mereka ikut serta dengan kegiatan mencintai diri sendiri ini, agar lebih seru dan mempererat hubungan satu sama lain.

3. Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Saat kita sibuk dengan kegiatan di luar rumah, pekerjaan rumah tangga seperti tidak selesai-selesai dan tak ada habisnya. Mumpung lagi di rumah aja, nih, ada baiknya mulai mencicil mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah yang biasanya terbengkalai dan terlewatkan.

Membersihkan rumah, memasak sambil mencoba menu-menu baru, merapikan lemari pakaian yang mulai berantakan, menyortir alat makeup yang sudah kadaluarsa dan tak terpakai lagi, juga kegiatan rumah tangga lainnya bisa menjadi alternatif kegiatan selama di rumah. Mendekor ulang kamar tidur maupun ruangan lagi juga sangat bisa dilakukan.

4. Melakukan Hobi & Pengembangan Diri

Melakukan kegiatan yang menjadi hobi juga bisa menjadi alternatif kegiatan agar tetap waras selama di rumah. Jika kalian hobi menonton, banyak film dan drama baru yang bisa kalian tonton. Atau kalian ingin menonton film dan drama yang sudah lama ingin kalian tonton? Inilah saatnya!

Membaca buku-buku dan menonton berbagai video tentang psikologi sangat membantu kita memahami diri sendir dan mengembangkan diri. Menantang diri melakukan sesuatu yang baru, seperti mengikuti pelatihan online, menulis pengalaman selama #dirumahaja, mengikuti tantangan 30 hari juga bisa dilakukan untuk  dilakukan untuk mengembangkan diri --seperti yang sedang saya lakukan saat ini. Atau mungkin kalian ingin mengikuti lomba-lomba? Go ahead!

5. Tetap Terhubung

Manusia selamanya makhluk sosial, tak akan bisa hidup tanpa orang lain. Tetap terhubung dan menjalin silaturahmi dengan sanak, saudara, sahabat dan kerabat secara online sangat membantu kita tetap waras. Kalian bisa menggunakan berbagai aplikasi komunikasi yang tersedia, baik video maupun voice, bisa membuat kita tetap merasa menjadi manusia.

6. Olahraga dan Istirahat yang Cukup

Tips terakhir dari saya, yang tak kalah penting adalah tetap berolahraga dan istirahat yang cukup. Olahraga tak harus dengan peralatan lengkap seperti di gym, dengan alat-alat sederhana, kita bisa melakukannya di rumah. Dan istirahat yang cukup, itu bukan pilihan tapi keharusan. Jangan sampai karena banyak waktu luang, membuat kalian menghabiskan semuanya tanpa beristirahat. Hp aja butuh di charge, apalagi tubuh kita.

Okay, jadi itu tadi 6 tips untuk tetap waras selama di rumah. Tetap sehat, tetap semangat.

No comments:

Post a Comment