Tuesday 25 August 2015

Tuesday Questions: What My Biggest Dream is (Part I) | Our Life Journey

Dear Good Readers and semua Weirdos,

Maaf ya semua, mulai posting kali ini akan saya tambah salamnya.. Jadi bukan cuma untuk good readers semua tapi juga untuk para weirdos yang merasa as weird as me or even weirdest. #Smile

Rasanya sudah puluhan Selasa yang saya lewati tanpa menjawab ratusan pertanyaan yang datang ke meja saya. Pertanyaanya bermacam-macam, tapi jelas harus saya saring dan saya pilah-pilah mana yang harus saya jawab dan tidak.

Ada beberapa pertanyaan yang benar-benar menggelitik diri saya, menggelitik karena untuk bisa bikin saya menghabiskan beberapa paragraf untuk menjawabnya. Awalnya saya pikir, enggak ah.. Gak akan saya jawab di blog ini, cukup di buku pribadi saya aja.. Takut pada bosen dan gak suka membacanya, tapi saya pikir-pikir lagi sejujurnya saya lebih suka pertanyaan semacam itu. Pertanyaan yang benar-benar membuat saya berhenti sejenak untuk berfikir, mengingat, merefleksi diri dan sejenisnya untuk menjawab satu pertanyaan saja.

Jadi saya putuskan untuk kali ini saya hanya akan menjawab satu pertanyaan, biarin dulu pertanyaan-pertanyaan lain menumpuk kita kasih makan dulu karakteristik INFJ saya satu ini. Biar lega.. :D

Pertanyaannya adalah..

"WHAT IS YOUR BIGGEST DREAM?"

Kurang dalam gimana coba pertanyaan ini, baiklah akan saya jawab.. Semoga jawaban saya bisa dipahami dan dimengerti. Oh iya, tulisan ini sepertinya akan benar-benar panjang.. Jadi buat yang gak suka baca panjang-panjang tetap boleh kok baca postingan ini, tapi hati-hati mata bisa tiba-tiba rabun.. :p

Kembali ke topik.. Jujur ini pertanyaan sulit buat saya tapi saya merasa tertantang untuk kembali mengingat mimpi-mimpi, impian-impian yang pernah saya punya dulu. Kalaupun boleh menambah satu huruf di belakang Dream akan saya rubah menjadi Dreams dan akan saya bagi dalam beberapa posting.. Haha.. Bisa jadi bahan buat memperbanyak tulisan.

Kalau dibilang IMPIAN sudah pasti dari kecil masing-masing kita punya impian, punya mimpi. Kalau saya boleh bilang mimpi adalah cita-cita.

-Sekali lagi maafin saya kalau penjelasan saya bakal panjang dan mungkin membosankan-

WHAT ARE YOUR DREAMS?

This is one of my dreams..

Saya mulai sadar  saya punya impian saat saya duduk di bangku SMP, saat itu seingat saya di sekolah baru mulai ada yang namanya guru BK, Bimbingan Konseling. Saya suka sekali mendengar penjelasan beliau tentang kepribadian, kebiasaan, kehidupan dan lain sebagainya. Dari situ saya kenal tentang psikologi dan psikolog tapi tentu hanya sebatas pengetahuan anak SMP. Enggak detail, enggak dalam.

Yang saya tahu rasanya menyenangkan bisa mendengar cerita orang-orang yang berbeda setiap harinya, tentang masalah mereka, tentang hal yang membahagiakan buat mereka, tentang kesedihan dan kekecewaan mereka, menjadi penyimpan rahasia mereka, juga mencoba merasakan apa yang dirasakan orang tersebut. Buat saya ini semacam belajar dari orang lain, tanpa harus benar-benar mengalami hal serupa. Jadi ketika kelak kita mengalami hal serupa kita punya banyak referensi jalan keluar dan akan lebih siap menghadapinya.

Saya memang pendengar yang baik, setidaknya itu yang dibilang orang-orang tentang saya. Pendengar yang diam tapi bisa menunjukkan empati yang dalam dari tatapan mata saya, ketika dibutuhkan saran saya akan dengan tulus memberikan saran, seolah-olah saya mengalaminya. Mungkin karena itu sejak dulu saya memang jadi langganan tempat curhat buat teman-teman dan sahabat. Banyak dari mereka yang mempercayakan rahasianya pada saya, sampai saya lupa rahasia apa saja itu. Beberapa masih ada yang tersimpan tapi beberapa hilang terbawa waktu. :D

Ada yang berminat menyimpan rahasianya ke saya? Guarantee.. Your secret's safe with me.. Hahaha.. Terkadang mereka-mereka ini yang jadi inspirasi nulis bagi saya. Entah berupa puisi, tulisan pendek, cerpen, quote, apa saja pokoknya tulisan. Saya memang cuma bisa nulis, gak bisa nulis lagu karena memang gak bisa main alat musik. Tapi cerita tentang bikin lagu saya ada pengalaman bikin lagu untuk pertama dan terakhir kalinya. Penasaran? Pasti nanti saya ceritakan.. :D

Kembali ke impian masa SMP saya. Mengingat menurut saya waktu itu dunia psikologi sangat menarik dan menyenangkan maka saya bercita-cita untuk menjadi psikolog atau apa saja lah yang ada hubungannya dengan psikologi. Tapi karena memang menurut Allah dunia psikologi profesional bukan takdir saya, maka disinilah saya sekarang. Masih meraba-raba tentang dunia psikologi secara teori dan ilmu.

Well, saya masih berharap suatu saat bisa belajar psikologi secara formal sehingga saya jadi bisa figure out yang selama ini hanya saya raba-raba dan saya kira-kira saja. Tapi kalau memang tak ada kesempatan untuk belajar formal setidaknya saya mulai belajar saat ini dari teman-teman di group INFJ dan sejenisnya. Saya banyak belajar dari mereka, terima kasih semua.

Saya rasa segitu dulu tulisan tentang impian saya masa SMP. Cuma segitu? Woooo tenang.. Ini baru part I masih ada part II dan part seterusnya.. Tunggu part selanjutnya ya, Good Readers & Weirdos..

Love,

No comments:

Post a Comment